Pages

Tuesday, September 18, 2012

Apple Mengumumkan iPhone 5

Akhirnya Apple mengumumkan iPhone 5 secara resmi pada press conference yang baru saja dilaksanakan kemarin. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan ponsel generasi keenam dari Apple ini karena fotonya sudah bocor berkali-kali di internet. Apple menawarkan banyak fitur baru dan perubahan pada ponsel ini. Selain layar yang lebih tinggi, apa sajakah perubahan ponsel ini?

iPhone 5 yang terbuat kaca dan alumunium ini sekarang menjadi lebih ringan dan lebih tipis. Ketebalannya sudah berkurang 18% dari iPhone 4S menjadi 7.6mm dan beratnya turun 20% menjadi 112 gram. Apple sangat membanggakan hal ini dengan mengatakan "Smartphone paling tipis di dunia."
Display
Seperti yang sudah dikatakan di atas, layar ponsel ini sekarang menjadi lebih tinggi, 4 inci. Apple masih tetap menggunakan layar Retina Display dengan kepadatan piksel 326 piksel per inci. Resolusinya juga berubah, menjadi 1136 x 640. Karena layarnya lebih panjang, Apple sekarang dapat menambahkan baris kelima untuk ikonnya. Selain itu semua aplikasi dari Apple, seperti Keynote, Pages, Numbers, iPhoto, iMovie, dan GarageBand, juga sudah di-update agar mendukung layar ini. Untuk aplikasi lama akan tetap jalan, tapi akan menggunakan format letterbox selama belum di-update untuk menyesuaikan dengan layar baru ini.

Wireless
Akhirnya iPhone mendapatkan dukungan 4G LTE pada generasi keenamnya. Selain itu ada juga dukungan HSPA+, EV-DO, EDGE, dan lainnya. Tidak hanya seluler saja yang diperbaharui, WiFi untuk iPhone 5 juga diperbaharui. Sekarang iPhone 5 mendukung dual-band 802.11 a/b/g/n yaitu 2.4GHz dan 5GHz.

A6 Chip
Sekarang iPhone 5 menggunakan CPU baru yang bernama A6. Ukuran chip ini 22% lebih kecil dari A5 sehingga energi yang digunakan lebih efisien tetapi Apple menjanjikan performa grafik dan CPU meningkat dua kali lipat.

Camera
Apple juga memasangkan kamera baru pada iPhone 5. Kamera yang digunakan memiliki spesifikasi 8 megapiksel dengan resolusi 3.264 x 2.448, backside-illuminated sensor, five-element lens, dan arpeture f/2.4. Kamera ini sama dengan kamera iPhone 4S tetapi lebih tipis 25%. Kamera ini juga memiliki banyak fitur baru seperti mode low light dan mode panorama yang dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto yang besar. Mengambil foto dan video juga menjadi lebih cepat dikarenakan processor baru.


Connector
Seperti yang sudah terlihat pada foto-foto bocoran, iPhone 5 menggunakan connector baru yang bernama Lightning. Dengan ukuran 80% lebih kecil, connector ini menjadi lebih mudah dipasang dan reversible, jadi anda tidak perlu repot-repot mencocokkan connector ke iPhone. Apple juga sudah menyiapkan adapter untuk connector ini agar bisa digunakan pada periferal-periferal lama yang masih menggunakan connector lama. Adapter tersebut sudah tersedia di Apple Store dengan harga $29.

Price & Availability
iPhone 5 akan tersedia dalam warna hitam dan putih. Untuk di Amerika, iPhone 5 bisa dibeli dengan kontrak dengan harga $199 untuk model 16GB, $299 untuk model 32GB, dan $399 untuk model 64GB. Pre-order mulai dibuka pada tanggal 14 September dan mulai dijual pada tanggal 21 September untuk sebagian besar negara-negara. Negara-negara lainnya akan mendapatkan ponsel ini pada tanggal 28 September.

No comments:

Post a Comment