Pages

Monday, January 18, 2016

Teknologi NFC



Teknologi NFC (Near Field Communication) merupakan teknologi yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna smartphone. NFC adalah bentuk komunikasi nirkabel jarak-pendek di mana antena yang digunakan lebih pendek daripada gelombang sinyal operator (yang mencegah interferensi gelombang dari antena yang sama). Belakangan NFC semakin populer. Aplikasi yang memanfaatkan peranti ini pun juga semakin banyak ditemui dan biasanya semua fungsi yang berkaitan dengan chip ini akan diberi tanda NFC tag.

NFC tag adalah penghubung untuk memulai fitur dengan menggunakan NFC. NFC tag yang telah diprogram memungkinkan pengguna untuk mengendalikan berbagai fungsi pada ponsel mereka secara otomatis, hanya dengan satu kali tap.

Dengan menggunakan NFC tag, pengguna dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti menyesuaikan alarm pada smartphone, masuk ke dalam model aplikasi tertentu, mengaktifkan bluetooth atau Wi-Fi, menyesuaikan volume ringtone, serta pengaturan brightness pada layar, tanpa perlu menyalakan ponsel atau menyentuh tampilan menu.

NFC tag dapat digunakan untuk memulai beberapa fungsi, seperti membuka aplikasi resep makanan hanya dengan men-tap ponsel dengan NFC tag yang terpasang di dinding dapur, menyalakan pemutar musik hanya dengan menyentuhkan ponsel dengan NFC tag yang berada di samping tempat tidur, dan menyalakan lampu hanya dengan men-tap NFC tag yang terdapat di pintu.

Ketika NFC pertama kali diluncurkan, aplikasi yang paling umum adalah 'check-in'. Pengguna dapat check-in dengan LBS (Location Based Service) hanya dengan men-tap NFC tag yang telah disisipkan di toko. Dalam lingkup bisnis, kita juga dapat menggunakan NFC untuk memindai tag yang memberikan informasi peta lokasi toko tersebut. Selain menjalankan beberapa fungsi yang disebutkan di atas, kita dapat memprogram tag tersebut untuk menjalankan pekerjaan yang rumit.

Contohnya, jika ingin mengirim pesan 'selamat pagi' untuk teman-teman, kita tidak perlu mengetik pesan tersebut secara manual. Kita dapat memprogram sebuah tag dan kita dapat langsung mengirimkan pesan tersebut hanya dengan men-tap ponsel pada tag tersebut.

Fungsi NFC yang paling bermanfaat adalah NFC Payment. Pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan men-tap smartphone mereka ke perangkat transaksi, tanpa menggunakan uang tunai atau pun kartu kredit.

Beberapa contoh penggunaan NFC:

1. Di bioskop Australia, Anda dapat membeli makanan ringan dengan menggunakan NFC. Jika Anda merasa lapar, keluarkan lah smartphone Anda, buka aplikasi untuk memesan makanan tersebut, tap smartphone Anda pada lengan kursi untuk melakukan pesanan, dan makanan akan diantarkan ke meja Anda.

2. Elecom meluncurkan NFC Phone Keypad, yang disebut-sebut lebih nyaman dari pairing bluetooth.

3. Untuk membuka pintu dengan menggunakan NFC, Anda hanya perlu melambaikan ponsel di depan pintu. Setelah izin diterima, pintu akan terbuka secara otomatis.

4. Anda juga dapat menggunakan NFC untuk bertukar file. Android Beam menggunakan NFC untuk memungkinkan pairing bluetooth dan mengirimkan data ke dari satu ponsel ke ponsel lain. Tetapi, hal tersebut hanya bisa digunakan pada perangkat yang memiliki sistem operasi Android 4.0 atau di atasnya.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Near_field_communication
http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150406133010-185-44483/mengenal-fungsi-menarik-nfc-di-ponsel-pintar/

No comments:

Post a Comment