Pages

Monday, January 11, 2016

Permasalahan pada Bisnis IT


Pada suatu bisnis akan ada beberapa permasalahan. Permasalahan itu antara lain sebagai berikut:

1. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia sangat penting bagi seorang Enterpreneur. Anda membutuhkan spesialis yang memiliki kemampuan untuk membantu anda dalam mengembangkan usaha pada bidangnya. Masalahnya, jika bidang yang anda geluti adalah suatu hal yang memiliki sedikit orang yang mampu melakukanya. Atau anda memang membutuhkan orang-orang dengan spesialisasi tertentu yang tak bisa di dapat dengan mudah. Maka salah satu solusi yang dapat anda lakukan adalah melakukan investasi pada sumber daya manusia tersebut. Contohnya, anda dapat mengirim orang itu untuk belajar dengan biaya yang anda tanggung.

2. Minat Pasar

Minat pasar adalah salah satu faktor penting yang dapat menjadi masalah besar di kemudian hari. Kurang matang dalam menentukan pasar yang akan anda targetkan, akan membuat usaha anda sulit untuk berkembang. Maka solusinya, anda harus menentukan konsumen yang akan anda bidik untuk produk anda. Apakah anak-anak, orang dewasa, ataupun orang-orang tertentu. Hal ini akan membantu anda lebih fokus dalam melakukan promosi serta menargetkan produk anda ke konsumen yang tepat. Dan yang tidak kalah pentingnya, anda juga harus selalu mengikuti perkembangan pasar serta harus mempelajari karakteristik konsumen yang anda tuju.

3. Siklus Penjualan

Beberapa produk terkadang memiliki siklus penjualan yang cukup lambat. Artinya, produk yang anda jual tidak termasuk produk yang di butuhkan sehari-hari. Seperti hardware ataupun software yang sudah outdated. Maka tak jarang anda akan mengalami siklus penjualan yang lambat tergantung musim dan minat pasar. Maka sebagai solusi yang dapat anda lakukan, anda harus memikirkan dengan matang siklus penjualan produk anda. Apakah produk yang anda jual dapat bertahan cukup lama di pasar atau malah cepat tenggelam karena tren-tren baru yang mungkin terjadi. Maka dari itu, anda harus lebih jeli dalam melihat prospek pasar. Anda harus selalu berusaha agar produk-produk anda dapat bertahan lama di pasar dengan terus melakukan inovasi untuk menarik minat pelanggan. Anda juga harus tetap update dengan teknologi yang ada.

4. Perencanaan Modal

Perencanaan modal sangat penting bagi mereka yang ingin memulai bisnis. Bahkan ada sebagian yang berani menjalankan usahanya dengan modal terbatas serta modal nekat. Tapi semua akan berbeda jika ada masalah timbul di belakang hari. Persaingan yang cukup sengit, tren yang tiba-tiba berubah, serta beberapa faktor yang menyebabkan anda harus memiliki modal lebih untuk bisa bertahan dan bangkit. Maka modal yang kuat serta perencanaan modal yang cukup matang akan sangat penting manfaatnya untuk mengatasi masalah tersebut. Terutama agar usaha anda terus berputar dan tak berhenti di tengah jalan.

5. Tepat Jadwal

Ketepatan jadwal adalah salah satu kunci utama untuk kesuksesan usaha anda. Sebuah produk harus memiliki jadwal pasti kapan produk itu mulai di pasarkan, dan kapan produk berikutnya menyusul agar terjadi siklus perputaran yang konsisten dalam pasar. Jika sampai anda tak bisa menepati jadwal yang di tentukan, maka resikonya adalah terjadinya “kekosongan” produk anda di pasaran. Dan celah ini dapat di gunakan para pesaing anda untuk merebut pelanggan anda.

Sumber:
http://www.enajwa.com/5-jenis-kendala-dalam-usaha-dan-solusinya/

No comments:

Post a Comment