Pages

Sunday, October 20, 2013

Pengantar Teknologi Internet dan New Media


Pengertian New Media

Media menurut bahasa berarti perantara. pengertian secara umumnya Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Istilah New Media sebenarnya baru muncul di akhir abad ke 20, digunakan untuk menyebut media baru yang menggabungkan berbagai media konvensional di Internet. Teknologi yang digambarkan sebagai New Media mempunyai ciri digital, sering mempunyai karakteristik dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. 

Pandangan New Media
New Media adalah suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan globalisasi saat ini, semua kegiatan pemberian informasi dapat di akses melalui komponen new mwdia. Youtube, Facebook, Twitter menjadi suatu kebutuhan keseharian kita. Dan media-media ini sangatlah berpengaruh dalam dunia nyata, tidak di dunia maya.

Manfaat New Media

New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
  • Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja
  • Bisa digunakan sebagai media transaksi jual beli
  • Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video dll.
  • Sebagai media komunikasi yang efisien kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference
  • Buku digital yang mudah dan praktis untuk sarana pendidikan.

Komponen New Media

Mobile Phone / Handphone
Handphone atau smart phone dapat dijadikan sebagai New Media karena dengan smartphone kita dapat mengakses beberapa situs jejaring sosial diantaranya facebook, twitter, email, plurk, foursquare, path, dan lain sebagainya. Dengan smartphone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai kenyataan. Misalnya di Twitter kita bisa mendapatkan informasi tentang keajadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru.

Internet
Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar.

Komputer
Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena komputer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan. Ketiga komponen diatas saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya

Komponen lainnya:

  • DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
  • VCDs (Compact Disc)
  • Portable Media Player
  • Video Game
  • Virtual Reality

Aplikasi New Media

Contoh aplikasi new media adalah facebook, twitter, dan youtube

Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.

Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook. Kita juga bisa sharing kepada teman-teman kita jika punya foto atau video baru, yang dapat dilihat saudara dan teman kita yang jauh. 

Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif.  Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.

Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.

Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.

Youtube 
Youtube adalah media untuk upload video secara grais dari file anda dan bisa di share secara online. YoutTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebaynyakan Youtube di video-kan dala bentuk lisan oleh authornya.

Sumber:


No comments:

Post a Comment