Pages

Wednesday, January 28, 2015

Membuat Karakter Dalam Bentuk Model 3D menggunakan Blender


Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalti  kepada  developer,  dan  dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.
 
Keunggulan Blender 3D
  • Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  • Tool  untuk membuat  objek  3D  yang  lengkap meliputi modeling,  UV mapping, texturing,  rigging,  skinning,  animasi,  particle  dan  simulasi  lainnya,  scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
  • Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  • Kualitas  arsitektur 3D  yang  berkualitas  tinggi dan  bisa  dikerjakan dengan  lebih cepat dan efisien.
  • File Berukuran kecil.
  • Free (gratis).

 Oleh karena itu, lewat software Blender inilah saya akan mencoba membuat suatu karakter 3D alien untuk tugas softskill.

Membuat Kepala

Tambah kepala dengan cara klik Add -> Mesh ->  Monkey. 
 
Tambahkan 2 Monkey lagi agar kepala menjadi 3


Membuat Badan

Tambah objek bola dengan cara klik Add -> Mesh ->  UV Sphere.
Atur besarnya bola dengan tombol [S], kemudian atur bola agar menjadi lonjong horizontal dengan tombol [S]+ [Z]. Bentuk badan dengan sculpt mode  hingga menjadi seperti di bawah ini:
 
   
Membuat Tangan

Tambah objek bola dengan cara klik Add -> Mesh ->  UV Sphere.

Atur besarnya bola dengan tombol [S], kemudian atur bola agar menjadi lonjong vertikal. Bentuk tangan dengan sculpt mode  hingga menjadi seperti di bawah ini:



Membuat Model Alien

Gabung objek-objek yang telah dibuat dengan cara seleksi objek [SHIFT+KLIK KANAN] dan gabung dengan [CTRL+J].


Memberikan Material & Texture

Seleksi objek pada objek mode. Berikan material objek dengan warna hijau. Selanjutnya masuk ke EDIT MODE [TAB], seleksi mata alien, tambahkan material dan berikan warna ungu pada objek mata.
  
Tambahkan juga texture pada bagian kulit dengan type IMAGE or MOVIE, kemudian open image-nya.

Memberikan Armature

Kembali ke OBJECT MODE, atur kamera menjadi Front Ortho dengan menekan [NUMLOCK 1]. Tekan [Z] untuk melihat kerangka objek. Selanjutnya seleksi objek, kemudian tekan [SHIFT+A], pilih Armature -> Single Bone.

Buatlah tulang-tulang untuk kepala, badan, tangan, dan kaki.
Pada OBJECT MODE seleksi objek, kemudian add modifiers ARMATURE dan pilih Armature pada kolom object.
Seleksi objek dan tulang dengan [SHIFT+KLIK KANAN] hingga objek menjadi warna oranye. Kemudian tekan [CTRL+P] untuk Set Parent dan pilih with Automatic Weights.
  
Seleksi tulang saja, kemudian tekan [CTRL+TAB] untuk masuk ke dalam POSE MODE sampai warna tulang menjadi biru.

Membuat Animasi

Atur starting timeline menjadi 0 dan end timeline menjadi 100. Gerakan tulang dan simpan posisi lokasi dan rotasi dengan menekan tombol [I] dan pilih LocRot. Terakhir, gerakan tulang dan simpan posisi agar objek terlihat bergerak
   
 
Render Animasi

Aturlah cahaya dengan menggunakan point dan sun.

Selanjutnya render animasi dengan [CTRL+F12] dan mainkan animasi dengan [CTRL+F11]

 

No comments:

Post a Comment